Berapa Gaji Atlet Esports?

Written by Futura on March 12, 2021 in LIP with no comments.

Jakarta, CNBC Indonesia – Dengan pamor yang melesat naik, recreation on-line sudah masuk ke dalam kompetisi olahraga atau dikenal eSports. Gatot menyampaikan, pemerintah juga sedang mendiskusikan regulasi tentang olahraga yang berbasis teknologi, termasuk esports. Saat ini, dialog sudah dijalin bersama DPR-RI terkait keolahragaan nasional. Atlet sepakbola Indonesia sekarang sudah bisa mendapatkan hidup yang layak dari penghasilan yang ia dapat.

“Mereka harus melatih fisik serta mental setiap harinya untuk bisa menjadi atlet eSports,” jelas Harris. Namun, untuk menjadi seorang atlet eSports dengan penghasilan besar, kamu perlu melakukan beberapa hal berat. “Setidaknya, pendapatan pemain eSports sudah di atas upah minimal regional ,” tuturnya. Dalam acara bertajuk “eSports di Tengah Pandemi”, Harris menyatakan kalau pendapatan seorang atlet eSports sudah cukup besar. Hal itu dapat dilihat dari tumbuh pesatnya sejumlah tim-tim yang tampil di ajang kejuaraan eSports, baik skala lokal ataupun nasional.

Bukan hanya kebanggaan, para atlet tersebut juga mendapatkan berbagai hadiah yang jumlahnya tidak sedikit. Namun, saat menyampaikan SPT, wajib pajak tetap harus melaporkan penghasilan yang diterima dari bonus tersebut. Meski industri kesehatan selalu membutuhkan seorang terapis fisik, pekerja di bidang ini ternyata tidak banyak diambil dari lulusan pendidikan olahraga.

Hal ini coba diklarifikasi oleh dua atlet catur nasional, IM Muhammad Lutfi Ali dan FM Masruri Rahman. Sebaliknya, kata mereka, profesi catur justru memiliki jaminan penghasilan yang menggiurkan. Mengevaluasi dan memberikan saran kepada individu untuk membantu pemulihan mereka, menghindari cedera atau penyakit yang terkait dengan olahraga, atau mempertahankan kebugaran fisik. Seorang pelatih kesehatan atlet dapat juga memberikan pertolongan pertama atau perawatan darurat pada atlet. Seperti atlet profesional, pemain diberikan aturan latihan yang ketat untuk diikuti, termasuk antara 10 dan 12 jam permainan dan diskusi taktis setiap hari.

Sang pemain tercantum mempunyai gaji atau nilai pasar sebesar 350 ribu euro, sama dengan Rp6,1 miliar. Data mengenai gaji pemain bola Indonesia dihimpun dari situs ternama asal Jerman, yakni Transfermarkt.com. Umumnya Kakek Merah dalam melakukan pekerjaannya seorang atlet ditunjuk untuk mengikuti perlombaan atau pertandingan suatu cabang olahraga. Terlebih, gaji itu juga belum termasuk bonus yang mereka dapat saat mengikuti turnamen.

Oleh karena itu, para atlet seharusnya dapat memanfaatkan masa kejayaannya dengan berinvestasi sehingga ketika sudah pensiun dapat tetap hidup dengan layak. Bukan hanya waktu, dukungan dana dan sarana menjadi persoalan yang tak bisa dipecahkan sendiri oleh klub, asosiasi, juga atlet. Dampaknya, Sobronto mengakui, untuk tenis saat ini hampir tidak ada lagi atlet yang andal karena tidak mudah membinanya.

Tien Minh Nguyen telah melakukan banyak dalam karir bulu tangkis pada usia muda dari 26 tahun. Dia yang selalu Vietnam pertama pemain bulutangkis untuk bermain di Olimpiade. Dia memenangkan medali emas di Vietnam internasional terbuka pada tahun 2008. Dia juga memenangkan medali emas di satelit Vietnam dan Malaysia satelit turnamen tahun 2008. Selain itu, ia telah diberi nama atlet khas dari Vietnam pada 2004, 2007 dan 2008. Tapi besaran honor ini tergantung dari prestasi sang atlet mengikuti lomba-lomba untuk kejuaraan, baik nasional maupun internasional.

Berapa gaji seorang atlit

Tak hanya atlet peraih medali saja, mereka yang sudah berjuang dalam turnamen olahraga terbesar di Asia namun tak mendapatkan medali juga memperoleh bonus senilai Rp20 juta. Di Asian Games 2018 ini, besar honor untuk atlet kelas regional sekitar Rp10 juta, sedangkan kelas internasional sebesar Rp15 juta. Bahkan, besar honor ini belum termasuk uang saku harian selama berlaga di ajang olahraga, yakni Rp1 juta per hari. Bentuk penghargaan tersebut berupa pendapatan para atlet yang lambat laun semakin diperhatikan, termasuk gaji pemain sepak bola Indonesia. Besaran honor ini sendiri belum ditambah oleh uang saku harian yang diterima atlet selama berlaga dalam ajang Asian Games 2018. Kemenpora memberikan uang saku per hari untuk Atlet Asian Games 2018 dengan nominal Rp1 juta untuk seluruh cabang olah raga.

Comments are closed.