5 Suggestions Sehat Menjaga Keseimbangan Hormon Tubuh

Written by Futura on March 7, 2021 in LIP with no comments.

Tanpa cukup tidur, tubuh kita akan menciptakan banyak masalah termasuk mengganggu sistem endokrin. Semua ahli merekomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam sehari. Bagi pria, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi produk kedelai seperti edamame, tahu, dan tepung putih karena dapat mengurangi produksi hormon ini. Di bawah ini adalah cara-cara mudah untuk menjaga keseimbangan hormon seperti yang dikutip dari boldsky.com. Memang sangat wajar ketika hormon tak lagi seimbang seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karenanya, penting untuk memahami bagaimana cara mengatasi hormon tidak seimbang dan mulailah menjalani gaya hidup sehat.

Gula berlebihan dapat menyebabkan kadar insulin melejit dan tumpukan lemak di perut semakin banyak. Stres memang merupakan hal wajar yang kerap dirasakan oleh kebanyakan orang setiap harinya. Namun, agar stres tak menyebabkan penyakit dan gangguan berkelanjutan, Anda perlu memahami bagaimana cara mengelolanya. Pendarahan berat juga bisa disebabkan dari fungsi tiroid yang buruk. Untuk menjaga pencernaan, usahakan makan teratur dan nggak terlambat ya.

Nah, Anda tak perlu khawatir lagi karena sebenarnya ada cara alami untuk menyeimbangkan hormon dan menjaga tubuh agar bekerja dengan baik. Berikut cara menyeimbangkan hormon secara alami yang perlu Anda ketahui dilansir dari timesofindia. Merdeka.com – Keseimbangan hormon adalah salah satu hal yang utama dalam tubuh Slot Deposit Pulsa Anda. Lemak sehat, seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan nafsu makan. Ketika Anda mengalami sulit tidur atau susah tidur nyenyak, hormon insulin, kortisol, leptin, ghrelin, dan hormon pertumbuhan dalam tubuhnya menjadi tidak seimbang.

Konsumsi juga makanan kaya antioksidan untuk menjaga kesehatan hormonal. Stres kronis juga akan menyebabkan kekurangan nutrisi, sehingga mengganggu keseimbangan mikrobioma dan kesehatan usus yang buruk dan berdampak pada keseimbangan hormonal. Jika Anda mengalami hormon yang tidak seimbang, maka stres adalah hal pertama yang perlu Anda atasi. Menghindari gula dan karbohidrat olahan dapat mencegah seseorang mengalami obesitas dan diabetes. Tak hanya itu, fungsi hormon dalam tubuh seseorang juga bisa lebih optimum dengan menghindari makanan tersebut. Bahkan, jika Anda mengalami stres yang berlebih dapat menyebabkan perubahan kadar serum dalam banyak hormon yang ada di tubuh Anda.

Dengan memperbaiki kualitas sperma, peluang Anda dan pasangan memiliki momongan juga akan semakin besar. Penelitian Journal of Endocrinology and Metabolism menyebutkan stres membuat perubahan kadar serum dalam beberapa hormon. Seperti hormon glukokortikoid, katekolamin, prolaktin dan hormon pertumbuhan. Meminum green tea juga dapat memberi efek menenangkan karena mengandung theanine.

Stres fisik inilah yang akan menghambat otak mengatur mekanisme ovulasi. Vitamin E sebagian besar bisa mama dapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, biji bunga matahari dan minyak zaitun. Selain itu, sel telur yang dikeluarkan akan lebih berkualitas dan tentunya peluang kehamilan juga akan meningkat. Dikutip dari Journal of Ovarium Research, Vitamin E berperan dalam produksi progesterone. Dengan vitamin E yang cukup setiap harinya, akan meningkatkan sirkulasi darah menuju corpus luteum sebesar 80 %. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, setidaknya diperlukan 7 jam tidur lelap dengan tanpa gangguan setiap harinya.

Hormon ini akan membantu meningkatkan ovulasi pada tubuh perempuan. Insulin sendiri adalah hormon yang berfungsi mengatur kadar gula di dalam darah. Jika insulin berlebih, maka bisa menimbulkan inflamasi, masalah hati, jantung, diabetes, dan kanker.

Beberapa cara agar menjaga keseimbangan hormon

Satu kali micro sleeping biasanya memakan waktu 10 hingga 30 menit. Makanan yang diperlukan tidak perlu terlalu mahal, cukup penuhi kebutuhan kalori anda. Jika memungkinkan tambah dengan konsumsi multivitamin agar tubuh tetap terjaga. Mengkonsumsi kafein atau berolahraga dapat menjadi pelengkap dalam mengawali pagi.

Makan secukupnya menjadi cara menyeimbangkan hormon yang tak kalah penting. Makan terlalu banyak dapat meningkatkan kadar hormon insulin dan risiko obesitas. Mengonsumsi cukup proteinsangat penting untuk memastikan kebutuhan asam amino terpenuhi. Maka, asupan protein harus terpenuhi lewat makanan untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit. Eleutherococcus dapat membantu meningkatkan daya ingat, daya tahan, dan energi. Omija dapat membantu menjernihkan psychological, meredamkan stres, dan menstabilkan emosi.

Comments are closed.