20 Makanan Terbaik Untuk Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Written by Futura on March 7, 2021 in LIP with no comments.

Konsumsi makanan sehat, seperti produk kedelai, anggur, delima, serta ikan tuna, yang diketahui bisa memicu produksi testosteron. Hormon ini tak hanya berperan untuk sistem reproduksi dan meningkatkan gairah seks, tetapi juga mendistribusikan lemak dan menjaga kepadatan tulang. Menjaga usus tetap Slot Deposit Pulsa sehat bisa dilakukan dengan menghindari makanan olahan dan tinggi gula, alkohol, dan gunakan ibuprofen seminimal mungkin. Bukan itu saja, Anda juga harus memastikan lingkungan tidur nyaman, membatasi waktu menatap layar gadget, mengoptimalkan suhu ruangan, mendukung ritme sirkadian alami tubuh.

Melansir dari Bustle, berikut ini makanan sehat yang perlu dikonsumsi sebagai penyeimbang hormon. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga menjaga keseimbangan hormon. Olahraga dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi hormon anti-inflamasi dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain digunakan untuk mencegah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, minyak lavendel kerap digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan peradangan otot. Kram atau nyeri perut selama haid dapat diobati dengan minyak satu ini. Caranya dengan mengoleskan pada perut atau bagian tubuh lain yang sakit. Minyal lavendel memiliki senyawa yang dapat mengurangi ketegangan otot.

Sebaliknya, kelebihan hormon ini memicu peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Untuk menyeimbangkannya cukup mudah, yakni dengan mengonsumsi minuman hangat yang dapat merileksasi tubuh, seperti teh hijau. Mendengarkan alunan musik yang lembut juga baik untuk keseimbangan hormon ini. Estrogen memiliki banyak kontribusi terhadap fungsi tubuh perempuan, antara lain mengatur siklus mentruasi, menjaga kekuatan tulang, dan melindungi janin dari paparan penyakit. Untuk menjaga kestabilan hormon ini direkomendasikan memperbanyak konsumsi biji-bijian, kedelai, buah, dan sayur terutama brokoli dan kubis. Sebaliknya, konsumsi zinc, vitamin C, sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol, bawang putih mentah, bawang bombay, daun bawang, alpukat, kenari, hingga mentimun.

Beberapa cara agar menjaga keseimbangan hormon

Konsumsi makanan bergizi seimbang juga penting dilakukan untuk memperbaiki kualitas sperma. Pastikan Anda selalu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setidaknya lima porsi setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang berolahraga secara rutin memiliki kadar testosteron dan kualitas air mani yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga. Dehidrasi juga dapat membuat tubuh memproduksi hormon yang membuat perutmu terasa lapar. Kebutuhan air sehari-hari perlu dipenuhi untuk mencegah kekakuan sendi, berat badan naik, sakit kepala, dsb. Seseorang yang makan cokelat secara rutin terbukti lebih sering tersenyum dan lebih aktif.

Allicin adalah senyawa dalam bawang putih yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Guna mendapatkan manfaat terbaiknya, kita disarankan mengonsumsinya sekitar setengah siung bawang putih setiap hari. Namun, jika kita tidak bisa memakan bawang putih mentah, maka kita bisa memanggangnya atau menjadikannya bumbu masakan. Kandungan diindolymethane dalam brokoli berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Terakhir, asam lemak omega-3 seperti minyak ikan bersifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi kram menstruasi dan sangat membantu mengurangi pendarahan berat. Meski di dunia yang bertekanan saat ini, agak sulit untuk menjauh dari stres, seseorang harus berusaha mengurangi stres. Stres menghasilkan hormon yang disebut kortisol dalam tubuh yang dapat mengganggu keseimbangan hormon sehat lainnya. Selain stres, ketidakseimbangan hormon juga dipengaruhi oleh pola makan yang tidak teratur. Hormon merupakan kelompok biokimia yang memiliki peran penting untuk mendukung kinerja organ tubuh.

Pendarahan berat yang dialami saat menstruasi disebut endometriosis. Apabila Anda hamil, hormon tersebut akan semakin aktif dan membantu mengembangkan pembuluh darah di lapisan rahim untuk memasok nutrisi ke janin. Sebaliknya, bila Anda tidak hamil, kadar progesteron pun turun dan bersiap memulai siklus menstruasi. Perlahan namun pasti menjaga keseimbangan hidup dapat dilatih dan memberikan hasil optimal. Namun, dengan rutin mengonsumsi campuran satu sendok teh biji wortel dengan segelas susu hangat, tanda-tanda osteoporosis setelah menopause pun berangsur-angsur hilang.

Jika Anda ingin mendapatkan hormon tubuh yang seimbang, maka asupan nutrisi tubuh juga harus dipenuhi. Meski Anda tidak bisa mengonsumsi setiap kebutuhan tubuh, namun Anda tetap bisa mendapatkannya dari suplemen makanan. Anda bisa memilih suplemen seperti minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, atau lainnya yang menurut Anda kurang Anda konsumsi. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menyebabkan masalah, seperti meningkatkan kadar insulin, produksi kortisol, dan mengurangi metabolisme. Tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kesehatan Anda, sangat penting untuk menjaga keseimbangan kalori yang tepat dan makan dengan benar.

Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air putih. Senyawa bioaktif yang terkandung dalam bayam, membantu mengikat reseptor estrogen dalam tubuh secara alami. Kadar estrogen yang tinggi, bertanggungjawab atas multiplikasi jaringan di payudara, rahim, dan kelenjar pituitari yang mengarah ke tumor payudara dan ovarium. Sesekali gantilah nasi putih dengan ubi manis untuk sumber karbohidrat yang lebih baik untuk keseimbangan hormon. Berikut ini beberapa jenis makanan penyeimbang hormon wanita yang wajib rutin dikonsumsi setiap hari. Mama yang sedang menjalankan program hamil disarankan untuk mengonsumsi lemak yang cukup.

Comments are closed.